Hal – Hal Yang Membatalkan Syahadat dan Keislaman Lengkap

Advertisement

Hal Yang Membatalkan Syahadat | Kalimat syahadat adalah azas dan juga dasar dari rukun Islam, serta menjadi landasan, inti, dan juga ruh dari seluruh ajaran Islam. Kata syahadat diambil dari sebuah kata Syahida dalam bahasa Arab yang memiliki arti “ia telah menyaksikan”. Didalam syariat Islam, dua kalimat syahadat adalah sebuah pernyataan atas kepercayaan sekaligus sebagai pengakuan akan keesaan Tuhan (Allah) serta Muhammad yang menjadi Rasul-Nya.

Kalimat syahadat disebut juga dengan sebutan “Syahadatain” karena terdiri dari dua kalimat. Didalam bahasa Arab, kata Syahadatain memiliki makna dua kalimat syahadat. Dimana untuk kalimat syahadat yang pertama adalah syahadah at-tauhid, dan kalimat syahadat yang kedua adalah syahadah ar-rasul. Syahadah at-tauhid adalah pengakuan ketauhidan seorang muslim yang hanya mempercayai jika Allah SWT sebagai satu – satunya Allah dan tidak ada Tuhan lainnya selain Allah SWT.

Sedangkan untuk Syahadah ar-rasul adalah pengakuan kerasulan seorang muslim yang memantapkan dirinya untuk meyakini ajaran Allah SWT yang disampaikan melalui Rasul Allah yaitu Nabi Muhammad SAW. Didalam melafadzkan dua kalimat syahadat itu sendiri terdapat beberapa syarat, karena ketika seseorang melafadzkan kalimat syahadat namun tidak memenuhi syarat syahadat itu sendiri. Maka kalimat syahadat yang diucapkan tidaklah sah.

Advertisement

Dimana syarat syahadat itu sendiri diantaranya adalah memiliki pengetahuan tentang syahadat, meyakini makna dua kalimat syahadat tanpa meragukan sedikitpun maknanya, melakukannya dengan ikhlas tanpa ada maksud atau tujuan apapun, melakukan dengan jujur antara ucapan dan perbuatan yang sesuai, mencintai Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW beserta orang – orang yang beriman, menerima segala sesuatu yang datang dari Allah SWT serta Rasul-Nya, tunduk serta menyerahkan diri kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW secara lahiriyah.

Dengan terpenuhinya semua syarat syahadat itu sendiri, maka seseorang sudah menjadi seorang muslim. Sedangkan untuk para umat muslim yang senantiasa melafadzkan kalimat syahadat mudah-mudahan lebih dapat lebih memperkuat keimanannya. Akan tetapi, adapula beberapa hal – hal yang membatalkan syahadat itu sendiri bagi seorang muslim, karena seiring berjalannya waktu pasti akan ada hal – hal yang dapat membuat iman seseorang goyang atau menipis.

Sedangkan untuk anda – anda yang sekiranya merasa ingin mengetahui dengan lengkap beberapa hal yang membatalakan syahadat itu sendiri, maka silahkan bagi anda untuk melihat terlebih dulu pembahasan akan hal yang membatalakan syahadat yang hari ini akan kami sajikan kepada anda. Adapun untuk beberapa hal yang membatalkan syahadat itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

Hal Yang Membatalakan Syahadat dan Keislaman
Hal – Hal Yang Membatalkan Syahadat dan Keislaman

1. Segala macam hal yang mengandung pengingkaran kepada Rubiyah Allah SWT atau percercaan terhadap-Nya, seperti misalnya:

  • Meyakini jika pencitpa serta pengatur alami ini adalah selain Allah.
  • Meyakini jika Allah-lah yang menciptakan semua makhluk, kemudian membiarkan mereka, tidak mengatur urusan mereka serta menjaga mereka.

2. Segala macam hal yang mengandung percercaan terhadap Nama – Nama Allah, Sifat – Sifat-Nya, seperti misalnya:

  • Menafikan jika Allah SWT memiliki kekuasaan atas segala sesuatu, kesempurnaan, penglihatan atau pendengaran-Nya.
  • Mengakui jika Allah memiliki seorang anak, istri, atau Allah SWT tidur, mengantuk, lengah, serta mati.

3. Segalam macam hal yang mengandung percercaan terhadap uluhiyah-Nya, seperti misalnya:

  • Meyakini jika ada sesuatu selain Allah yang berhak disembah atau diibadahi.
  • Meyakini jika ada sesuatu selain Allah yang memiliki hak membuat syari’at tanpa seizin Allah.
  • Meyakini jika ada sesuatu selain Allah yang memiliki hak menghalalkan yang diharamkan atau mengharamkan yang dihalalkan oleh syari’at.
  • Merubah batansan – batasan syari’at.
  • Taat kepada orang – orang kafir atau thaghut (sesembahan selain Allah).
  • Dll.

4. Segala macam hal yang mengandung pengingkaran terhadap risalah atau Rasulullah SAW atau pencercaan terhadap para sahabatnya, seperti misalnya:

  • Mencerca kejujuran, iffah, amanah, kesalehan akalnya, dll.
  • Melakukan penghinaan terhadapnya.
  • Mengingkari hal – hal ghaib yang datang darinya seperti hari kebangkitan, surga dan neraka, shirath, dan yang lainnya.
  • Mengingkari sesuatu dari ayat – ayat Al Qur’an.
  • Ridho terhadap kekufuran dan tidak ridho kepada Islam.

Apabila salah seorang diantara umat muslim ada yang melakukan salah satu dari beberapa hal yang membatalkan syahadat, maka hal tersebut dapat membatalkan pula keislaman seseorang, Na’udzubillahi min dzalik. Dengan ini selesai sudah untuk pembahasan mengenai Hal – Hal Yang Membatalakan Syahadat dan Keislaman Lengkap yang sekiranya hari ini kami dapat sampaikan kepada anda – anda sekalian semuanya.

Mudah – mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai hal – hal yang membatalkan syahadat tersebut dapat lebih meningkatkan keimanan serta menjauhi segala larang – larang yang sudah ditentukan oleh Allah SWT tersebut. Adapun bagi anda yang mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang masih berhubungan dengan Islam, mungkin anda dapat membaca juga Manfaat Sholat Hajat.

Barang kali saja masih ada diantara anda yang belum mengetahui apa saja keutamaan sholat hajat itu sendiri, oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yang sudah pernah kami sampaikan sebelumnya. Atau untuk anda yang sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka silahkan bagi anda untuk mencoba kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yang sudah pernah diberikan. Mungkin saja salah satu diantaranya akan ada yang sesuai.

Save

Hal – Hal Yang Membatalkan Syahadat dan Keislaman Lengkap was last modified: November 14th, 2017 by grobakz

Advertisement
tags: , , ,