Bagaimana Hukum Merayakan Hari Valentine Dalam Islam

Advertisement

Hukum Merayakan Hari Valentine | Diantara anda pastinya sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya hari valentine atau yang dalam bahasa inggris adalah valentine’s day, dimana hari tersebut merupakan hari kasih sayang yang diperingati setiap tanggal 14 bulan februari. Pada umumnya, para pasangan muda-mudi akan memberikan sebuah coklat ketika hari valentine tersebut, sebagai bentuk rasa sayang mereka terhadap pasangannya. Namun bagaimana pandangan islam sendiri mengenai hari valentine itu sendiri, bagaimana hukum merayakan hari valentine dari sudut pandang islam.

Apabila dilihat dari sejarahnya, hari valentine itu lebih merujuk kepada perayaan dalam agama nasrani. Dimana pada hari kasih sayang tersebut merupakan hari dimana upacara ritual agama romawi kuno dilangsungkan. Pada saat tahun 496, Paus Gelasius menjadikan ritual romawi kuno ini pada agama nasrani. Dan mulai pada saat itu, umat nasrani memiliki hari raya baru yaitu hari valentine atau valentine’s day. Dan hal tersebut merupakan berdasarkan dari kondisi kalangan barat yang sekarang ini lebih banyak merayakan hari kasih sayang tersebut yang sudah dimulai sejak jaman romawi kuno.

Hukum Merayakan Hari Valentine

Advertisement

Dan dilihat dari sedikit penjelasan yg baru saja kami sajikan tadi diatas, sudah sangat jelas apabila hari valentine itu bukan termasuk dalam ajaran yang telah diwariskan oleh Rasul dan juga para Nabi. Melainkan ajaran tersebut merupakan ajaran dari agama nasrani yang sudah dimulai sejak jaman romawi kuno, dan sudah menjadi salah satu hari raya bagi umat nasrani. Seperti yg sudah diterangkan dari hadist Rasulullah SAW yang mengatakan “Barang siapa yg menyerupai sesuatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut”. (HR. Bukhori Muslim). Dari hadist tersebut sudah terlihat jelas, apabila kita harus lebih berhati-hati ketika akan melakukan sesuatu. Karena jika kita melaksanakan sebuah ajaran agama, maka kita termasuk kedalam agama tersebut.

Bagaimana Hukum Merayakan Hari Valentine

Dan didalam Al Qur’an juga telah dijelaskan pada surat Al Isra ayat ke 36 yang bunyinya adalah ” Jangan kamu mengikuti sesuatu yg tidak ada pengetahuanmu tentangnya. Sesungguhnya, penglihatan, pendengaran, dan hati semuanya akan diminta pertanggung jawabannya”. Dan apabila kita melihatnya dari sisi tata nilainya ang terdapat dari hari valentine itu sendiri ialah sangat jelas jika bertolak belakang dengan tata nilai yang ada pada agama islam. Dimana tidak diperkenankan bagi pria serta wanita utk melakukan pergulan bebas, karena perbuatan tersebut termasuk kedalam perbuatan zina.

Hal tersebut juga telah dijelaskan didalam Al Qur’an pada surat Al Isra ayat ke 32 yang bunyinya adalah ” Dan janganlah kami mendekati zina, sesungguhnya zina itu merupakan perbuatan keji dan seburuk-buruk jalan”. Dan pada saat merayakan hari valentine, tidak jarang para pasangan muda-mudi itu melakukan perbuatan zina. Dan hal tersebut sudah sangat jelas dilarang oleh agama islam, sehingga hukum merayakan hari valentine itu sendiri menurut islam ialah haram. Jadi untuk anda yang beragama islam, maka ada baiknya jika anda tidak merayakan hari valentine karena haram hukumnya bagi umat islam untuk merayakan.

Dan dengan ini, informasi mengenai Bagaimana Hukum Merayakan Hari Valentine Dalam Islam dari kami telah selesai, mudah-mudahan saja sedikit informasi yang baru saja kami sajikan tadi diatas itu dapat memberikan manfaat yang besar kepada anda-anda semuanya. Dan apabila anda mungkin ingin kembali melihat informasi lainnya yang berhubungan dengan agama islam, mungkin anda dapat mencoba utk melihat tata cara shalat rawatib. Dimana shalat rawatib itu sendiri merupakan salah satu shalat sunah yang dikerjakan sebelum maupun sesudah shalat, sehingga untuk anda yang ingin menambah amal ibadah anda, anda dapat mengerjakan shalat sunah ini terlebih dulu sebelum mengerjakan shalat wajib.

Dan untuk anda yang mungkin sudah mengetahui tata cara mengerjakan shalat sunah yang satu ini, mungkin ada baiknya apabila anda mencoba untuk melihat-lihat kembali beberapa informasi seputar bacaan doa ataupun tata cara shalat lainnya yang sudah pernah kami berikan. Barang kali saja anda akan dpt menemukan informasi yang sesuai dengan apa yang sedang anda cari, namun untuk anda yang kiranya belum menemukan bacaan doa ataupun tata cara shalat yang sesuai dengan apa yang sedang anda cari. Maka ada baiknya apabila anda mencoba untuk menunggu udpate terbaru dari kami untuk setiap harinya.

Bagaimana Hukum Merayakan Hari Valentine Dalam Islam was last modified: April 28th, 2016 by grobakz

Advertisement
tags: , ,