Hukum Puasa Untuk Ibu Hamil Di Bulan Ramadhan

Advertisement

Hukum Puasa Untuk Ibu Hamil | Puasa ramadhan adalah puasa wajib yang dikerjakan oleh setiap muslim pada saat bulan ramadhan, dan selama bulan ramadhan juga segala amalan ibadah yg kita kerjakan akan dilipat gandakan pahalanya. Serta dapat menghapus segala dosa-dosa yang telah kita lakukan selama satu tahun sebelumnya, dengan catatan kita harus mengerjakan ibadah puasa ramadhan dengan penuh keimanan dan hanya mengharap pahala dari Allah SWT semata.

Sebagaimana firman Allah SWT :”Hari orang – orang yg beriman diwajibkan atas km berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum km, agar km bertaqwa.” (QS. Al Baqarah ayat 183) Oleh karena itu hukum puasa ramadhan itu adalah wajib, dan bagi orang-orang yang meninggalkan puasa ramadhan dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Maka diwajibkan atas mereka untuk mengganti puasa tersebut, atau dinamakan juga dengan puasa qadha.

Allah SWT juga sebenarnya telah memberikan keringanan untuk beberapa orang golongan didalam mengerjakan puasa, misalnya seperti para musafir atau orang yang sedang berpergian. Mereka diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa ramadhan apabila ia tidak mampu, namun harus digantinya puasa tersebut pada lain waktu. Kemudian orang-orang yang sakit, dan akan semakin bertambah parah sakitnya jika ia berpuasa.

Advertisement

Namun bagaimana hukum Islam tentang puasa untuk ibu hamil, dalam kondisi ini seseorang tidak dalam kondisi sakit ataupun berpergian. Namun bagi seorang ibu hamil itu harus memperhatikan kondisi dari sang bayi yang ada didalam kandungan, apakah jika ibu hamil mengerjakan puasa itu akan tetap baik kondisi bayinya ataukah akan menjadikan kondisi sang bayi melemah atau sakit. Maka dari itu ada beberapa penjelasan mengenai hukum puasa ramadhan untuk ibu hamil.

Bagi anda yang sekiranya belum mengetahui hukum puasa ramadhan untuk ibu hamil, maka sekarang ini anda bisa melihat pembahasan yang akan coba kami sajikan kepada anda. Dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan yg akan kami sajikan hari ini, maka bagi anda yang sekiranya sekarang ini belum mengetahui hukum puasa ramadhan untuk ibu hamil akan dapat mengetahuinya. Untuk yg ingin mengetahui pembahasannya secara lengkap, silahkan bagi anda untuk langsung melihat selengkapnya dibawah ini.

hukum puasa untuk ibu hamil
Hukum Puasa Untuk Ibu Hamil Yang Khawatir Dengan Dirinya Sendiri

Hukum puasa ramadhan untuk ibu hamil itu sendiri sama halnya dengan hukum puasa ramadhan untuk orang sakit, apabila dirinya sendiri merasa tidak mampu untuk mengerjakan puasa, maka diperbolehkan baginya untuk mengganti puasa dihari lain serta membayar fidyah sejumlah yang telah ditentukan. Namun bagi para ibu hamil yang sekiranya merasa mampu untuk mengerjakan puasa ramadhan, maka alangkah baiknya jika tetap mengerjakan puasa ramadhan.

Dimana hal tersebut telah dijelaskan dalam QS. Al Baqarah ayat 184 :”Barangsiapa diantara km ada yg sakit atau dlm perjalanan (lalu dia berbuka), maka diwajibkan baginya berpuasa sebanyak hari yg ditinggalkan itu pd hari yg lain. Dan wajib bagi orang yg merasa berat menjalankannya (jika mereka tidak puasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin. Barangsiapa yg dgn kerelaan hati mengerjakan kebijakan, maka itulah yg lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika km mengetahuinya.

Hukum Puasa Ramadhan Untuk Ibu Hamil Yang Khawatir Dengan Bayinya

Untuk kondisi ibu hamil yang seperti ini, hukum puasa untuk ibu hamil tidak diwajibkan bagi mereka untuk berpuasa. Namun diwajibkan baginya untuk mengqadha atau mengganti puasa yg ditinggalkan pada hari lain dan juga membayar fidyah. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam QS Al Baqarah : 184 diatas, apabila seseorang merasa tidak mampu untuk berpuasa (maka berbukalah) dan diwajibkan baginya untuk mengganti puasanya dan membayar fidyah.

Hadits riwayat Ibu Abbas R.A. jg mengatakan jika hukum puasa untuk ibu hamil pada bulan ramadhan itu diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa apabila dirinya merasa khawatir akan kondisi bayinya yang bisa sakit apabila dia berpuasa, namun ia diharuskan untuk membayar fidyah atau memberi makan orang – orang miskin sejumlah yang telah ditentukan dalam Islam.

Hukum Puasa Ramadhan Untuk Ibu Hamil Yang Khawatir Dengan Diri Sendiri dan Bayinya

Apabila seorang ibu hamil itu merasa khawatir dengan kondisi dirinya sendiri dan bayi yang ada didalam kandungan, maka hukum puasa untuk ibu hamil ini tidak diwajibkan baginya untuk berpuasa. Namun diwajibkan baginya untuk mengganti atau mengqadha puasa yang telah ditinggalkannya itu pada hari lain. Dan mereka tidak diharuskan membayar fidyah, karena kondisi mereka tidak sama dengan orang yang sakit yg khawatir akan kondisinya jika berpuasa itu mengganggu kesehatan dirinya ataupun bayi yg ada dalam kandungan.

Mungkin hanya itu saja untuk pembahasan tentang Hukum Puasa Untuk Ibu Hamil Di Bulan Ramadhan yang pada kesempatan hari ini kami dapat sajikan kepada anda-anda sekalian, semoga saja dari penjelasan tentang hukum puasa untuk ibu hamil yang baru saja kami sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang besar bagi anda. Dan bagi yg merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi dari kami.

Maka anda masih bisa coba untuk kembali melihat niat puasa ramadhan yang beberapa waktu lalu sudah pernah kami berikan jg kepada anda, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang merasa lupa dengan bacaan niat puasa bulan ramadhan. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali melihat pembahasan yang telah kami sajikan pada kesempatan sebelumnya itu, mungkin saja pemahasan tersebut dpt membantu anda.

Atau untuk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka anda masih bisa melihat-lihat kembali beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah pula kami sajikan sebelumnya. Mungkin saja salah satu beberapa pembahasan yang pd kesempatan sebelumnya sudah pernah kami sajikan itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg sedang dicari – cari oleh anda-anda sekalian selama ini.

Save

Hukum Puasa Untuk Ibu Hamil Di Bulan Ramadhan was last modified: March 30th, 2017 by grobakz

Advertisement
tags: , , ,