Keutamaan dan Niat Shalat Sunnah Rawatib Muakkad

Advertisement

Keutamaan dan Niat Shalat Sunnah Rawatib | Shalat sunnah rawatib termasuk salah satu dari shalat sunah yg dikerjakan sesudah ataupun sebelum mengerjakan shalat fardhu. Untuk shalat yg dikerjakan sebelumnya itu disebut dengan shalat qabliyah, untuk shalat yg dikerjakan sesudahnya ialah shalat ba’diyah. Dan shalat sunnah rawatib ini sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu sunnah muakkad serta sunnah ghairu muakkad. Shalat sunnah rawatib muakkad sendiri amat sangat besar kemuliannya serta dijanjikan dengan ganjaran yg besar apabila kita mengerjakan shalat tersebut.

Sedangkan shalat sunnah rawatib ghairu muakkad sendiri kemuliannya jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan sunnah muakkad. Dan untuk jumlah rakaat shalat rawatib itu berbeda-beda tergantung dari shalat fardhu apa yg akan dikerjakan, serta akan mengerjakan shalat sunah qabliyah atau ba’diyah. Untuk jumlah shalat sunnah rawatib muakkad sendiri dapat dikerjakan dua rakaat sebelum subuh, dua atau empat rakaat sebelum dzuhur serta dua rakaat sesudah dzuhur, kemudian dua rakaat sesudah mengerjakan shalat maghrib dan isya.

Adapun untuk jumlah rakaat shalat rawatib ghairu muakkad sendiri ialah berjumlah dua rakaat sesudah shalat dzuhur, dua atau empat rakaat sebelum shalat ashar, serta dua rakaat sebelum shalat maghrib dan juga isya. Adapun untuk tata cara shalat rawatib itu sendiri kurang lebih sama dengan tata cara mengerjakan shalat pada umumnya, dimana kita harus membaca niat shalat sunnah rawatib terlebih dulu sesuai dengan jenis shalat rawatib yg akan kita kerjakan. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca suratan pendek sampai kita melakukan salam pada rakaat yg terakhir.

Advertisement

Niat Shalat Sunnah Rawatib Muakkad

Bagi anda yg sekiranya belum mengetahui bacaan niat shalat sunnah rawatib ini, maka anda bisa melihat terlebih dulu niat shalat sunnah tersebut yg akan kami sajikan kpd anda dibawah ini dengan lengkap.

niat shalat sunnah rawatib

Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

Hadist dari Ummu Habibah RA. yg merupakan istri Nabi Muhammad SAW berkata :”ak mendengar Rasulullah SAW bersabda :”Seorang hamba yg muslim mengerjakan shalat sunnah yg bukan wajib, karena Allah SWT, (sebanyak) dua bellas rakaat dalam setiap hari, Allah SWT akan mambangunkan baginya sebuah rumah (Istana) di Surga”. Setalah itu Ummu Habibah RA. berkata :”setelah ak mendengar hadist ini, ak tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut”. (HR. Muslim) Dua belas rakaat yg dijelaskan dalam hadist diatas merupakan jumlah total seluruh shalat sunnah rawatib yg dikerjakan dalam satu hari.

Dua rakaat itu lebih ak cintai dari pd seluruh dunia ini, amalan yg banyak manfaatnya mengandung banyak keistimewaan serta rahasia. Ibnu Umar RA. meriwayatkan ada seorang pria yg berkata kpd Rasulullah SAW:”Ya Rasul, tunjukkanlah satu amalan yg bermanfaat untukku, dan Beliau bersabda :”Shalatlah dua rakaat sebelum subuh, karena didalamnya terdapat keistimewaan”. (HR. Ath Thabrani)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda :”Jgn kalian tinggalkan dua rakaat sebelum subuh, karena disana tersimpan banyak rahasia. Tidak pernah ditinggalkan orang-orang hebat Imam Malik mendapatkan kabar jika Ibnu Umar pernah meninggalkan dua rakaat shalat sunnah fajar, kemudian dia mengqadhanya setelah matahari terbit. (Malik) Siapa yg menjaga Qobliyah Ba’diyah dzuhur, Allah SWT mengharamkan api neraka buatnya. Ummi Habibah RA. berkata :”saya mendengarkan Rasulullah SAW bersabda :”Allah SWT pasti mengharamkan api neraka kepada orang yg menjaga empat rakaat sebelum dan setelah dzuhur”.(HR. Ahmad)

Pada saat qabliyah dzuhur merupakan saat pintu langit terbuka, riwayat Abdullah bin As-Saib yg bunyinya :”Rasulullah SAW pernah shalat empat rakaat setelah matahari tergelincir sebelum shalat dzuhur, lalu Beliau bersabda :”Saat ini pintu langit sedang terbuka, ak lebih suka agar amal salehku diangkat pd saat itu”. HR. At Tirmidzi)

Dan demikian itu untuk Keutamaan dan Niat Shalat Sunnah Rawatib Muakkad yg sekiranya pada sekarang ini dpt kami berikan kepada anda, dan semoga saja anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari pembahasan yg baru saja kami berikan diatas tadi. Dan apabila anda merasa masih ingin kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yg belum anda ketahui, maka alangkah baiknya jika anda mencoba langsung kembali melihat-lihat sejumlah pembahasan lainnya yang sudah pernah coba kami sajikan pd kesempatan sebelumnya.

Barang kali saja anda akan dpt menemukan pembahasan yg pas dengan apa yg sedang anda cari, atau untuk anda yg mungkin belum dpt menemukan pembahasan yg sesuai dengan yg anda sedang cari. Maka ada baiknya jika anda kembali mengunjungi situs kami beberapa waktu yg akan mendatang, barang kali saja anda akan dpt menemukan pembahasan yg pas pada update pembahasan yg akan coba terus kami sajikan utk setiap harinya.

Keutamaan dan Niat Shalat Sunnah Rawatib Muakkad was last modified: July 13th, 2016 by grobakz

Advertisement
tags: , ,