Pengertian dan Hukum Nikah Siri Dalam Pandangan Islam

Advertisement

Pengertian dan Hukum Nikah Siri | Pengertian nikah siri adalah pernikahan antara laki-laki dan perempuan yg dilakukan tanpa adanya catatan didalam kantor urusan agama atau KUA. Kata siri sendiri merupakan berasal dari bahasa arab yakni sirri atau sir yg memiliki arti rahasia. Adapun keberadaan dari nikah siri sendiri tetap dikatakan sah secara agama jika tetap memenuhi syarat nikah, yang diantaranya ialah terdapat wali nikah yang sah, dua orang saksi, terdapat mahar, dan juga ijab kabul.

Terdapat sebuah hadist dari Abu Musa Al Asy’ari RA. jika Rasulullah SAW bersabda :”Tidak ada nikah (batal), terkecuali dgn wali”. (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ibnu Abi Syaibah, Thabrani). Selain itu juga terdapat sebuah hadist dari Aisya RA. yg mengatakan jika Rasulullah SAW pernah bersabda :”Wanita manapun yg menikah tanpa izin wali, maka nikahnya batal”. (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Baihaqi).

Namun di indonesia sendiri, pengertian nikah siri ialah pernikahan yg dilakukan tanpa wali yg sah dari pihak pengantin perempuan. Dan bagaimana hukum nikah siri yg demikian menurut pandangan islam. Untuk anda yg kiranya belum mengetahui hukum nikah siri secara jelas, maka sebaiknya anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai hukum nikah siri dalam pandangan islam yg pada kesempatan hari ini akan kami bahas.
hukum nikah siri
Dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai hukum nikah siri yg akan kami hadirkan hari ini, maka bagi anda yg kiranya ingin melakukan nikah siri. Maka anda sudah mengetahui nikah siri bagaimana yg seharusnya anda lakukan, dan nikah siri yg mana yg harusnya tidak anda lakukan. Untuk anda yg kiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap penjelasan tentang nikah siri dalam pandangan islam dari kami ini, silahkan anda melihat pembahasan selengkapnya yang akan kami sajikan dibawah ini.

Advertisement

Hukum Nikah Siri Dalam Pandangan Islam

Hukum nikah siri menurut pandangan islam sendiri tetaplah sah menurut agama, selama pernikahan yg dilakukan tersebut tetap memenuhi syarat nikah itu sendiri seperti yg telah dijelaskan diatas tadi. Selain itu, telah diterangkan juga dalam sebuah hadist yg mengatakan jika tidak ada pernikahan yg batal terkecuali tanap wali nikah yg sah. Sehingga hukum nikah siri sendiri tetap lah secara agama namun tidak sah menurut hukum, karena pernikahan tersebut tidak tercatat didalam kantor urusan agama. Dan karena kita hidup dinegara yg memiliki hukum, maka alangkah baiknya jika mengikuti aturan yg telah berlaku.

Namun apabila kita memang mengharuskan untuk melakukan pernikahan tanpa diketahui oleh orang, maka sebaiknya jika kita melakukan pernikahan sesuai dengan yg telah ditentukan oleh agama. Dimana harus tetap ada wali nikah yg sah dari pihak wanita, karena kebanyakan pernikahan siri ini tidak terdapat wali nikah yg sah dari pihak perempuan. Banyak orang yg menggunakan jasa wali nikah dari berbagai macam pihak agar tetap bisa terselenggaranya pernikahan. Hal tersebut memang dapat dilakukan selagi calong pengantin wanita memang tidak memiliki wali nikah yg sah, namun jika pengantin wanita masih memiliki wali yg sah. Maka sebaiknya wali nikah yg sah tersebut yg menikahkan pengantin perempuannya.

Jadi kesimpulan dari hukum nikah siri menurut islam sendiri tetaplah sah apabila tetap memenuhi syarat sah rukun nikah, dan apabila nikah siri ini dilakukan dengan wali nikah yg tidak sah, padahal wali nikah yg sah itu masih ada. Maka pernikahan tersebut tetaplah tidak sah. Sehingga alangkah baiknya jika anda harus benar-benar memikirkan hal tersebut sebelum anda menikah, karena besar dosanya bila pernikahan yg anda anggap sah namun ternyata masih belum sah menurut agama. Karena hal tersebut masih termasuk dalam golongan perzinaan.

Mungkin cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Pengertian dan Hukum Nikah Siri Dalam Pandangan Islam dari kami, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai hukum nikah siri yg baru saja kami sajikan diatas tadi itu dapat membantu anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg kiranya masih ingin kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang berhubungan dengan agama islam.

Mungkin anda dapat mencoba melihat juga bacaan doa ibu hamil 4 bulan yg beberapa waku lalu baru saja kami sajikan pula utk anda. Mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg istrinya tengah hamil berusia 4 bulan, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu bacaan doa untuk ibu hamil tersebut. Namun untuk anda yg mungkin merasa sudah mengetahui bacaan doa tersebut.

Maka kami sarankan kepada anda-anda ini untuk kembali mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah kami sajikan sebelumnya lagi. Karena kami telah banyak menyajikan beberapa pembahasan mengenai bacaan – bacaan doa ataupun hukum – hukum dalam islam yg dapat anda lihat. Mungkin saja salah satu diantaranya ada pembahasan yg sesuai dgn yg dicari anda.

Pengertian dan Hukum Nikah Siri Dalam Pandangan Islam was last modified: September 19th, 2016 by grobakz

Advertisement
tags: , , ,