Pengertian Ziarah Kubur Dalam Islam dan Tata Caranya

Advertisement

Pengertian Ziarah Kubur | Ziarah kubur itu sendiri terdiri dari dua kata yaitu ziarah dan kubur, kata ziarah sendiri berasal dari bahasa arab yaitu zara dari kata yazuru-ziyaratan yang memiliki makna mengunjungi. Dan kata kuburan itu sendiri ialah makan atau tempat disemahyamkannya orang yang sudah meninggal, sehingga pengertian ziarah kubur itu sendiri ialah mengunjungi kuburan.

Sedangkan makna dari mengunjungi itu sendiri berarti akan ada pertemuan diantara dua belah pihak, oleh karena itu salah satu dari tata cara ziarah kubur itu sendiri ialah mengucapkan salam ketika akan masuk kedalam makam atau kuburan. Dan jangan pula kita melakukan ziarah kubur itu memenuhi syarat-syarat ataupun untuk memohon supaya kita dimudahkan segala urusannya.
pengertian ziarah kubur
Karena tidak sedikit orang yang melakukan ziarah kubur itu untuk memohon pertolongan agar dilancarkan segala urusan duniawinya, dan bagi mereka yang melakukan hal tersebut, maka orang-orang tersebut tergolong orang – orang yang syirik. Jangan sampai kita melakukan hal – hal tersebut, karena hal tersebut sudah termasuk kedalam dosa besar. Karena kita sama saja sudah menyekutukan Allah SWT.

Pengertian Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Mengucapkan salam, hal tersebut sesuai dengan hadist berikut ini “Assalamu’alaikum wr. wb. penduduk kubur dari golongan yg beriman serta beragama islam. Dan kami Isnya Allah jg akan menyusul dibelakang serta kami mohon kpd Allah SWT agar kami begitupun kamu dilimpahkan keselamatan oleh Allah SWT”. (HR. Ahmad, Muslim, dan yang lainnya)

Advertisement

Hadist dari Ibnu Abbas R.A. jika Rasulullah bersabda “ketika beliau lewat dikuburan madinah, maka dihadapkannya muka ke sana lalu beliau bersabda :”Salam atasmu wahai penghuni kubur, serta semoga Allah SWT memberi keampunan kepada kami dan kamu, kamu merupakan perintis bagi kami, dan kami menjadikan pengikut yg menuruti jejakmu”. (HR. Tirmidzi)

Aisyah R.A. berkata :”Jika Nabi Muhammad SAW setiap malam beliau menggiliri “Aisyah, biasanya di waktu dini hari pergi ke Baqi’ serta mengucapkan Salam atasmu wahai perkampungan orang mukin, serta nanti pd waktunya yg telah ditentukan kamu akan menemui apa yg dijanjikan. Dan Isnya Allah kami akan menyusulmu dibelakang. Ya Allah, berikanlah keampunan kepada penduduk Baqi’ yg berbahagia ini”.(HR. Muslim)

Adapun beberapa hal yang tidak diperkenankan atau diperbolehkan pada ziarah kubur baik itu pada saat kita berziarah ke makam Rasulullah ataupun makam wali, dan beberapa hal yang dilarang diantarnya adalah sebagai berikut.

  • mengusap-usap makam atau kuburan.
  • mencium makam atau kuburan serta thawaf mengelilingi makam.
  • memohon atau meminta kepada mayat serta membagi kekuasan Allah SWT dengan mayat tersebut.

Sekiranya hanya itu saja dulu untuk Pengertian Ziarah Kubur Dalam Islam dan Tata Caranya dari kami, semoga saja sedikit pembahasan mengenai pengertian ziarah kubur dari kami tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat besar kepada anda-anda sekalian. Dan jangan lupa pula bagi anda untuk mencoba kembali melihat-lihat beberapa pembahasan yang sudah pernah kami sajikan sebelumnya.

Dimana beberapa pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya diantaranya adalah doa ziarah kubur, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui bagaimana bacaan doa ziarah kubur. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk melihat terlebih dulu bacaan doa yang sudah pernah kami berikan pd kesempatan sebelumnya itu.

Namun bagi anda – anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui akan bacaan doa tersebut, maka sebaiknya jika anda mencoba untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lain yang sudah pernah kami berikan. Barang kali saja salah satu diantaranya itu ada yang sesuai dengan yang sedang anda cari-cari selama ini, oleh sebab itu ada baiknya jika anda mencoba untuk kembali melihat-lihat.

Pengertian Ziarah Kubur Dalam Islam dan Tata Caranya was last modified: August 10th, 2016 by grobakz

Advertisement

Advertisement
tags: , ,