Pengertian Syarat Rukun Nikah Dalam Islam Secara Lengkap

Advertisement

Rukun Nikah Dalam Islam Secara Lengkap | Nikah dalam islam adalah menyatunya calon pengantin laki-laki dan perempuan dengan ditandainya lafadz ijab kabul, dan telah sesuai dengan peraturan yg diwajibkan didalam islam. Kata zawaj yg digunakan dlm Al Qur’an memiliki arti pasangan yg dalam penggunaannya pula jg dpt diartikan sebagai pernikahan. Dan Allah SWT itu menjadikan seorang manusia saling berpasangan, serta menghalalkan pernikahan dan mengharamkan yang namanya zina.

Adapun manfaat menikah yang didapatkan setiap pasangan diantaranya adalah cara yg halal serta suci utk menyalurkan nafsu syahwat tanpa harus melakukan perzinaan. Dap memberikan ketenangan hidup, ketenteraman, serta kasih sayang, mememlihara kecusian diri, melaksanakan tuntunan syariat, membuat keturunan yg berguna untuk agama, negara, dan juga bangsa. Mewujudkan kerjasama dan tanggung jawab, dan manfaat menikah yang terakhir adalah dpt lebih mempererat tali silaturahmi.

Dan dialam sebuah pernikahan itu sendiri terdapat rukun nikah, dimana jika sepasang calon pengatin tidak memenuhi syarat rukun nikah. Maka pernikahan yang dilakukan itu tidaklah sah, dan harus mengulai pernikahan tersebut dengan syarat rukun nikah yang lengkap. Bagi anda – anda sekalian yg mungkin dalam waktu dekat ini akan menikah, namun anda belum mengetahui apa saja rukun nikah dalam islam.

Advertisement

Maka sekarang ini anda dapat melihat pembahasan mengenai rukun nikah dalam islam yang akan coba kami berikan kpd anda-anda sekalian hari ini, dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai rukun nikah dalam islam yg akan kami sajikan hari ini. Maka anda akan mengetahui apa saja rukun nikah yang harus anda penuhi agar pernikahan yang anda jalani itu dpt berjalan dengan sah dan lancar.

Bagi anda yg sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai pembahasan rukun nikah dalam islam yang akan kami sajikan pd kesempatan hari ini, maka kita dapat melihat bersama-sama pembahasan rukun nikah dalam islam tersebut secara lengkap yang dapat anda lihat dibawah ini. Sehingga untuk anda yg belum mengetahui apa saja rukun nikah dalam islam itu akan mengetahuinya dengan lengkap dan benar.

rukun nikah dalam islam
Syarat Rukun Nikah Dalam Islam

Pengertian rukun nikah adalah ketentuan yg tidak dapat terlepaskan dalam sebuah pernikahan, apabila rukun nikah dalam islam ini terpenuhi, maka pernikahan yang dijalani itu tidaklah sah. Sehingga untuk anda-anda yg akan melangsungkan pernikahan itu alangkah baiknya jika anda memperhatikan apa saja rukun nikah dalam islam itu sendiri. Untuk rukun nikah dalam islam itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

Calon pengatin laki – laki

Syarat calon pengatin laki – laki yg baik itu sendiri diantaranya adalah islam, bukan seorang lelaki mahram dgn calon istrinya, mengetahui wali yg sebenarnya bagi akad nikah tersebut, bukan dalam kondisi ihram haji ataupun umrah, melangsungkan pernikahan tersebut dgn penuh kerelaan dan bukan karena paksaan, tidak memiliki empat orang istri yg sah, mengetahui jika perempuan yg hendak dinikahi itu adalah sah dijadikan istrinya.

Calon pengatin wanita

Syarat calon pengantin wanita sendiri diantaranya adalah islam ataupun ahli kitab, bukan seorang perempuan mahram dari calon suaminya, bukan seorang banci, telah akil baligh atau dewasa, bukan dalam kondisi ihram haji ataupun umrah, tidak dalam masa iddah, dan yg terakhir adalah bukan seorang istri orang lain.

Wali untuk calon pengatin wanita

Syarat wali nikah sendiri diantaranya adalah seorang yg beragama islam bukan kafir serta murtad, seorang laki-laki dewasa dan bukan perempuan, melakukan dgn penuh kerelaan dan bukan karena terpaksa, bukan dalam kondisi ihram haji ataupun umrah, tidak fasik, tidak memiliki cacat akal pikiran ataupun gila, seorang yg sudah tua, dan lainnya. Seorang yang merdeka atau bukan hamba sahaya, tidak dibatasi kebebasannya ketimbang membelanjakan hartanya.

Dua orang saksi laki – laki yg adil dan jujur

Syarat saksi nikah diantaranya adalah seseorang yang beragama islam, sekurang-kurangnya dua orang saksi, memiliki akal, sudah dewasa atau akil baligh, memahami isi dari lafadz ijab kabul, bisa mendengar, berbicara, dan melihat, adil, dan yg terakhir adalah seorang yg merdeka.

Terdapat lafadz ijab kabul akad nikah

Syarat ijab adalah tidak boleh memakai kata kata sindiran, pernikahan ini hendaklah tepat, diucapkan oleh wali ataupun wakil calon pengatin wanita, tidak diikatkan dgn tempo waktu seperti mut’ah, tidak secara taklik. Sedangkan untuk syarat kabul atau qobul sendiri adalah kata kata yg diucapkan sesuai dengan lafadz ijab, tidak mengandung kata kata sindiran, dilafadzkan oleh calon pengatin laki-laki, tidak diikatkan dengan tempo waktu seperti mut’ah, tidak secara taklik, menyebutkan nama calon istri, tidak menambahkan perkataan yg lainnya.

Sekiranya hanya itu saja untuk pembahasan mengenai Pengertian Syarat Rukun Nikah Dalam Islam yg pada kesempatan ini kami dpt sajikan kpd anda-anda sekalian, semoga saja dari pembahasan mengenai rukun nikah dalam islam yg baru saja kami ulas diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yg sangat besar. Dan bagi anda yg sekiranya masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya selain pembahasan rukun nikah dalam islam.

Maka anda dapat mencoba untuk kembali melihat juga hukum nikah siri, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian para pembaca ini ada yg sedang mencari pembahasan tersebut. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah kami sajikan pd kesempatan sebelumnya itu, atau untuk anda yg sekiranya sudah mengetahui pembahasan tersebut. Maka kami menyarankan kpd anda agar anda kembali melihat-lihat pembahasan lainnya lagi dari kami.

Pengertian Syarat Rukun Nikah Dalam Islam Secara Lengkap was last modified: December 19th, 2016 by grobakz

Advertisement
tags: , , ,