3 Syarat Syarat Wajib Zakat Fitrah Dalam Islam

Advertisement

Syarat Syarat Wajib Zakat Fitrah | Seperti yang sudah kami jelaskan pada kesempatan sebelumnya pada lafadz niat zakat fitrah, dimana zakat fitrah itu sendiri ialah zakat yg diberikan pada saat bulan suci ramadhan dengan jumlah zakat yang diberikan ialah sebesar 1 sha’ atau 2.7 kg. Untuk jenis barang yg diberikan sebagai zakat fitrah itu sendiri ialah bahan-bahan kebutuhan pokok seperti beras, gandum, dan sejenisnya. Namun kebanyakan orang memberikan zakat fitrah itu menggunakan bahan pokok beras.
syarat wajib zakat fitrah
Dan hukum zakat fitrah itu sendiri adalah wajib untuk setiap umat muslim baik itu laki-laki maupun perempuan, jadi bagi anda yg merupakan umat muslim, maka anda diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Adapun untuk syarat wajib zakat fitrah itu sendiri harus anda penuhi sebelum anda melakukan zakat tersebut. Dan pada saat akan memberikan zakat fitrah itu sendiri kita harus membaca doa niat zakat fitrah seperti yg sudah kami jelas pada pembahasan yg sebelumnya.

Untuk anda yang mungkin belum mengetahui apa saja syarat syarat wajib zakat fitrah itu sendiri, maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg tepat. Karena utk sekarang ini, kami ingin memberikan penjelasan mengenai syarat syarat zakat fitrah. Dan bagi anda yg belum mengetahui apa saja syarat syarat dari zakat fitrah itu sendiri, maka anda harus melihat terlebih dulu penjelasan yg pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa langsung melihatnya dibawah ini.

3 Syarat Syarat Wajib Zakat Fitrah

  • Muslim, untuk syarat zakat yg pertama anda itu harus seorang muslim, dimana hal tersebut telah diterangkan dalam hadist dari Ibnu Umar RA. yg bunyinya adalah :”Rasulullah SAW mewajibkan untuk zakat fitrah pada bulan ramadhan kpd setiap umat muslim, laki – laki ataupun perempuan, merdeka atau hamba sahaya (budak) sebesar 1 sha’ gandum ataupun kurma”. (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Merdeka, seorang muslim yg bukan hamba sahaya atau budak itu diwajibkan untuk membayar zakat, terkecuali jika meraka hamba sahaya atau budak yg tidak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah dimana telah dijelaskan dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah RA. yg bunyinya adalah :”Tidak wajib zakat utk budak atau hamba sahaya, kecuali zakat fitrah”. (HR. Muslim)
  • Mampu, seorang muslim yg telah memiliki harta yg berkecukupan untuk menafkahi dirinya sendiri beserta keluarga dan masih memiliki harta yg lebih itu diwajibkan untuk membayar zakat, dimana hal tersebut telah dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW dari Jabir RA. :”Mulailah dari dirimu, maka nafkahilah dirimu. Apabila memiliki kelebihan, maka peruntukanlah utk keluargamu, dan apabila masih ada sisa setelah memberikan nafkah untuk keluargamu. Maka peruntukanlah untuk kerabat dekatmu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan itu lah untuk penjelasan mengenai 3 Syarat Syarat Wajib Zakat Fitrah Dalam Islam yg sekiranya kami dpt berikan kpd anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja dari sedikit penjelasan yg baru saja kami sajikan diatas tadi itu bisa memberikan sedikt tambahan ilmu kepada anda seputar agama islam. Dan utk anda yg mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa hal yg berhubungan dengan agama islam atau mengenai bacaan – bacaan doa, maka silahkan bagi anda utk mencoba kembali melihat-lihat beberapa penjelasan lainnya yg sudah pernah kami berikan.

Advertisement

Karena pada kesempatan sebelumnya kami sudah banyak sekali memberikan penjelasan mengenai agama islam ataupun mengenai bacaan – bacaan doa yg dpt anda lihat. Dan barang kali saja salah satu dari penjelasan yg sudah pernah kami berikan itu ada yg memang pas dengan apa yg ingin anda ketahui. Dan apabila anda merasa tidak dpt menemukan penjelasan yg memang pas dengan apa yg sedang anda cari, maka silahkan anda mencoba utk menunggu udpate penjelasan lainnya yang akan coba terus kami sajikan untuk setiap harinya.

3 Syarat Syarat Wajib Zakat Fitrah Dalam Islam was last modified: June 24th, 2016 by grobakz

Advertisement
tags: , ,