Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha Bahasa Arab dan Latin

Advertisement

Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha | Idul adha merupakan acara hari raya bagi umat islam yg jatuh pd tanggal 10 bulan dzulhijjah. Dan pada hari itu juga kita umat islam memperingati adanya peristiwa kurban yg bukan lain ialah peristiwa Nabi Ibrahim yg bersedia utk mengorbankan putranya yaitu Nabi Ismail karena perintah Allah SWT, dan semeblihan tersebut digantikan oleh-Nya menjadi domba.

Dimana peristiwa kurban itu dikerjakan selepas kita mengerjakan shalat idul adha atau shalat ied. Dan sebelum kita merayakan hari raya idul adha, kita juga disunahkan utk mengerjakan puasa idul adha selama 9 hari mulai dari tanggal 1 dzulhijjah sampai dengan tanggal 9 dzulhijjah. Namun yg lebih diutamakan ialah puasa pada tanggal 8 dan juga 9 dzulhijjahnya, dimana tgl 8 itu dikenal juga dengan puasa tarwiyah.

Sedangkan pada tanggal 9 dzulhijjah itu juga dikenal dengan sebutan puasa arafah. Dan pada kesempatan hari ini, kami ingin memberikan bacaan niat shalat idul adha kepada anda-anda sekalian. Barang kali saja anda-anda ini masih ada yg belum mengetahui bagaimana bacaan niat shalat ied tersebut, maka dari itu kami ingin membantu anda dengan memberikan bacaan niat shalat idul adha tersebut.
tata cara dan niat shalat idul adha
Namun selain memberikan bacaan niat shalatnya, kami juga turut menyajikan tata cara shalat idul adha nya juga. Sehingga anda bukan saja mengetahui bagaimana bacaan niat shalatnya, namun anda juga akan mengetahui tata cara shalat idul adha tersebut. Sehingga nantinya anda akan dapat mengerjakan shalat idul adha tersebut dengan baik dan juga benar sesuai dengan yg telah diajarkan.

Advertisement

Adapun untuk anda yg sekiranya ingin mengetahui tata cara dan niat shalat idul adha yg akan kami sajikan hari ini dengan lebih lengkap, maka silahkan saja bagi anda utk langsung melihat pembahasan yg akan kami berikan untuk hari ini berikut ini. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini memang ada yg sedang benar-benar mencari pembahasan yg akan kami berikan ini.

Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha Lengkap

  • Pertama-tama kita membaca niat shalat idul adha seperti berikut ini.
    niat shalat idul adha
  • Kemudian melakukan Takbiratul Ihram seperti saat kita akan mengerjakan shalat pada umumnya.
  • Berikutnya ialah mengerjakan takbir zawa-id atau takbir tambahan yg jumlahnya adalah tujuh kali pada rakaat yg pertama.
  • Dan diantara takbir – takbir tambahan tersebut terdapat sebuah riwayat dari Ibnu Mas’ud yg mengatakan :”Di antara setiap takbir, hendaklah menyanjung dan juga memuji Allah SWT”. Syaikhul islam juga mengatakan bahwa sebagian salaf diantara setiap takbir membaca doa berikut ini.
    bacaan shalat idul adha
  • Namun perlu diingat, jika bacaannya itu tidak harus menggunakan bacaan yg ada diatas. Bisa juga kita menggunakan bacaan yg lain, asalkan didalam bacaan tersebut masih memiliki makna pujian kepada Allah SWT.
  • Berikutnya dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan membaca suratan sampai dengan sujud sama seperti kita mengerjakan shalat pada umumnya.
  • Setelah itu kembali melakukan takbir untuk mengerjakan rakaat yg kedua, dan dilanjutkan dengan takbir tambahan lagi yg jumlahnya adalah lima kali.
  • Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah lagi sampai dengan kita membaca tahiyatul akhir dan salam.

Sekiranya hanya itu saja untuk Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha Bahasa Arab dan Latin dari kami pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja sedikit penjelasan mengenai niat shalat idul adha dan tata caranya tersebut dapat membantu anda-anda sekalian. Dan apabila anda mungkin masih merasa ingin kembali melihat beberapa pembahasan lain yg mungkin belum anda ketahui.

Maka anda bisa baca juga syarat hewan kurban yg beberapa waktu lalu baru saja kami bahas untuk anda, mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg blm mengetahui apa saja syarat-syarat hewan yg sebaiknya dijadikan hewan kurban. Karena jika hewan yg anda kurbankan itu tidak memenuhi syarat-syarat yg telah ditentukan, maka ibadah kurban anda itu tidaklah sah.

Oleh karena itu, bagi anda yg memang ingin mengerjakan ibadah kurban, sebaiknya anda melihat terlebih dulu pembahasan yg baru saja kami bahas tersebut. Namun untuk anda yg mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka silahkan saja bagi anda utk kembali melihat-lihat pembahasan lainnya dari kami yg sudah pernah kami sajikan pd kesempatan sebelumnya tersebut.

Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha Bahasa Arab dan Latin was last modified: August 21st, 2016 by grobakz

Advertisement
tags: , ,